April 2014

Aplikasi PROBIOTIK

Via Air Minum Untuk Unggas

  1. Pembuatan minuman untuk 1.000 ekor ayam per hari

    (asumsi pakan @ 120 gram perhari dan air minum 240 ml per ekor ayam) —–> kebutuhan minum ayam 250 – 300 liter per hari

Read More»

Uji Coba Pakan Menggunakan Serat Sawit Dan Lumpur Sawit

OLEH : Andreas Gunapradangga ,Ir

 

Saat ini usaha peternakan ruminansia banyak menghadapi masalah dalam penyediaan hijauan makanan ternak maupun terbatasnya sumber pakan penguat, sehingga peternakan tidak dapat efisien dan perkembangannya mengalami banyak hambatan.

Read More»

Fermentasi Ampas Tebu untuk Pakan Ternak Sapi

Andreas Gunapradangga, Ir

Proses fermentasi ampas tebu, prinsipnya sama dengan fermentasi jerami. Hanya karena ampas tebu kandungan Ligninnya tinggi ( +/- 19,7%), Proteinnya rendah (+/- 2 %) dan Total Digestible Nutrientnya (TDN) juga rendah (+/- 28 %)dibanding jerami padi, maka perlu perlakuan khusus agar:

Read More»

Metode Pembuatan Pakan Ternak Sapi

Berbahan Limbah Ampas Sagu

  1. Pembuatan UNTUK 1.000 kg bahan dasar limbah ampas sagu

  1. Sediakan bahan/ alat yaitu :

  1. Drum Plasltik ukuran 200 liter, mempunyai tutup, atau bak penampungan minimal untuk 1 ton bahan ampas sagu

  2. Probiofeed 6 kg

  3. Dedak 6 kg

  4. Urea 6 Kg

Read More»

Standart Operating Procedures (SOP)

Pembuatan Pupuk Hayati

 

I. BAHAN BAKU

Secara umum bahan utama pembuatan Pupuk Organik Fine Compost adalah limbah organik, khususnya limbah ternak sapi/lembu (berupa: faeces, urine dan sisa pakan). Limbah ternak sapi bersifat Carboneous, material ini sangat melimpah dan memiliki kandungan carbon organik dari materi serat yang tinggi, tidak ada masalah polusi logam berat dan antibiotik. Kandungan phospor yang rendah bisa disuplai dari sumber lain (seperti Batuan Phospat alam /Rock Phospat). Pupuk organik yang berasal dari feces sapi sangat baik untuk meningkatkan kesuburan fisik dan biologis tanah.

Read More»

Beternak Mikroba Dalam Rumen

Tujuan tulisan ini adalah untuk memberi gambaran (mungkin juga) inspirasi tentang utilisasi pemanfaatan hasil ikutan usaha pertanian atau perkebunan melalui ternak ruminansia agar dapat diubah menjadi produk-produk yang bermutu dan bermanfaat bagi umat manusia.

Jumlah penduduk yang besar dan pertambahan penduduk yang pesat akan semakin memperkecil kesempatan penggunaan bahan pangan (foods) untuk dipakai sebagai bahan pakan (feeds).

Read More»